Sang Pemimpi.n

Mari kita buka lagi pelajaran lama dari kisah salah satu Amirul Mikminin Ali ibn Abi Thalib. Kalau temen-temen masih ingat, kisah ini pernah disampaikan mas Salim A Fillah saat pembukaan Tutorial UNY tahun 2011 di Masjid Mujahidin.

Pada suatu hari, pada zaman kepemimpinan Khalifah Ali ibn Abi Thalib, datanglah seorang penduduk kepada Amirul Mukminin. Diceritakan penduduk ini bukan orang yang baik, bertanya ia kepada sang Khalifah.

“Wahai Amirul Mukminin, pada zaman Khalifah Abu Bakar dan ‘Umar kita dapat hidup makmur. Kenapa pada saat kepemimpinanmu kita tidak?”

Sebelumnya mas Salim sudah menceritakan bagaimana karakter Ali ibn Abi Thalib: easy going, suka bercanda, ceria, periang dan pemberani. Badannya pendek kekar, bahu dan perutnya lebar. Yeap, tema acara saat itu tentang karakterisasi.

Mendengar pertanyaan salah satu penduduknya, Ali menjawab, “Karena pada saat kepemimpinan Abu Bakar dan ‘Umar, penduduknya seperti aku. sedangkan pada saat kepemimpinanku, penduduknya seperti kamu.”

Mendengar nada mas Salim berbicara saja aku ingin tertawa, kelakar yang cerdas!

Aku teringat kisah ini saat berbincang dengan seorang teman. Aku berkata padanya bahwa salah satu temanku (yang lain) ada yang mendoakan aku agar menjadi ketua yang amanah. Ia berkomentar, “Kalau ketuanya amanah tetapi warganya tidak mau dipimpin, sama saja percuma.”

Kembali kita diingatkan bahwa keberhasilan suatu kepemimpinan tidak hanya dari mas’ulnya, namum semuanya. Pemimpin hanya satu, tetapi yang dipimpin jauuh lebih banyak. Merekalah sang mayoritas, merekalah yang lebih nampak. Introspeksi untuk diri sendiri juga karena sering seenaknya sendiri >___<

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s