Pelajaran Dari Matematika

“kenapa sih kita belajar matematika?” tanya Jono kepada dirinya sendiri.

“mau tau?” jawab Ihsan yang tiba-tiba datang mengagetkan lamunan Jono. “nama kamu Jono kan?” sambil menyalami anak berseragam putih abu-abu itu.

“eh, masnya yang tadi, iya mas. Saya bingung mas, fungsi matematika dalam kehidupan nyata itu untuk apa ya?.” Ujar Jono sambil berjalan masuk ke masjid salah satu Universitas Negeri di Yogyakarta.

“wah, kalau aku dulu bingung mencari mata pelajaran apa yang tanpa matematika, hehe.. dan hasilnya tak ada.”jawab Ihsan dengan canda. “Tahukah kamu bahwa dari cara kita mengerjakan soal matematika saja kita bisa mengetahui bagaimana seseorang melakukan sesuatu.”

“Loh? Memang bisa ya mas?” jawab Jono sambil garuk-garuk kepala seakan orang yang kebingungan tidak bisa mengerjakan soal matematika.

“Tentu, jika mengerjakan soal setidaknya kita mengetahui Rumus yang akan kita gunakan, itu seperti Al-Qur’an dan Sunah bagi muslim. Kalau kita mengerjakan soal tanpa mengetahui rumus yang tepat, kemungkinan besar soal yang kita kerjakan itu akan salah, sangat sedikit kemungkinan untuk benar. Begitu juga saat kita melakukan sesuatu, kita juga harus tau landasan mengapa kita melakukan suatu hal..” papar Ihsan.

“ooo..” Jono manggut-manggut seakan-akan sudah paham.

“saat mengerjakan pun bisa mencerminkan diri seseorang, jika seseorang menulisnya secara runtut dan sistematis, kemungkinan besar jika ia melakukan suatu hal juga akan seperti itu, runtut san sistematis. Berbeda dengan orang yang mengerjakan asal, ‘yang penting ketemu hasilnya’.  Saat melaukan suatu hal juga bisa jadi seperti itu, tidak memikirkan bagaimana dengan proses untuk mendapatkannya. Hanya memikirkan ke hasil. Boleh jadi ia akan menggunakan berbagai cara agar mendapatkan hasil yang ia cari.”

“wah, hanya dengan mengerjakan soal aja sudah seperti itu, ada yang lain ngga mas?”

“sudah mau iqomah dik, dilanjutkan nanti saja ya..” jawab Ihsan sambil mengajak Jono wudhu..

Mereka pun segera pergi wudhu..

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s