Legend of The Guardians

 

Alhamdulillah, aku tadi sudah selesai nonton film “Legend of The Guardians”. Dan ternyata aku sudah mendapatkan beberapa ‘pelajaran’ yang bisa diambil (biasanya harus nonton lebih dari satu kali baru dapet banyak). Ini ada beberapa yang mau aku share, yang mau menambahkan silahkan.. ^_^ feel free to comment

[satu yang menurutku jadi masalah adalah aku memakai subtitle Indonesia. Menurutku kadang-kadang di subtitle Indonesia banyak yang kurang pas dengan cerita aslinya, karena memang Bahasa Indonesia kosa katanya tidak sebanyak Bahasa Inggris (karena itulah sering terjadi ke-ambigu-an di sekitar kita jika kita tidak pandai berbicara). Sebenarnya mau coba tanpa subtitle seperti saat aku nonton Avatar The Legend of Aang, Books 2 dan 3, tapi film ini tidak semudah film kartun anak-anak itu.. tapi setidaknya aku juga akan menuliskan teks aslinya (semoga kemampuan listening ku masih bagus) 😀 ]

First

“Kludd, Just because you can’t see something, doesn’t mean it isn’t real“ [02:42]
“Kludd, hanya karena kau tak dapat melihat bukan berarti itu tak nyata !”
Da berkata ke Kludd tentang The Guardians

Ini adalah ucapan Da, sang ayah ke Kludd, salah satu anaknya, yang bosan tentang cerita tentang The Guardians yang menurutnya tidak nyata. Mengingatkan aku akan tulisan-tulisan yang membahas tentang keberadaan tuhan. Ya, kata-kata ini sangat cocok. Seperti sakit, kita tak dapat melihatnya tapi hal itu nyata! Karena kita dapat merasakannya.

Second

“There’s nothing wrong with dreams” [3:59]
“Tak ada yang salah dengan impian”
[Soren berbicara ke Kludd]

Ya, taka da yang salah dengan mimpi. tak ada salahnya kita bermimpi. Terkadang, mimpi bisa menjadi motivasi yang berpengaruh ke diri kita. Jangan malu untuk bermimpi, apalagi untuk mengatakannya ke orang lain. Share your dreams. Siapa tahu ada orang yang mempunyai mimpi yang sama, atau bisa membantumu mewujudkan mimpimu.

Third

“…Da says dreams are who we are.” [4:13]
“…Da berkata, kalau impian kita menggambarkan diri kita sendiri.”
[Eglantine saat mau tidur]

Kita bermimpi seperti kita bercita-cita. Tiga kata-kata yang menurutku menarik.
1. We are what we think.
2. We are what we do.
3. We are what we read.
aku menemukan kata2 itu di tempat-tempat yang berbeda.

We are what we think. Kalau aku lebih suka mengatakan, “Allah mengikuti prasangka hambaNya”. Hehe.. aku menafsirkan ‘think’ disini seperti ‘berprasangka’. Seperti ‘think’ dalam kata-kata, “you can if you think you can” kamu bisa jika kamu berpikir kamu bisa.

We are what we do. ”Who are you?” “I’m a Doctor”. “He is a thief! He steal my pocket!”. Kita adalah apa yang kita lakukan. Kita pelajar karena kita belajar. Beliau seorang Guru karena beliau mengajar (entah kenapa aku kecewa, Karen kata meng-guru-i sekarang sering dimaknai negatif).

We are what we read. Untuk yang ini baca penjelasan selanjutnya saja.

Lalu apa hubungannya ketika kalimat itu dengan dreams, dengan impian? Contoh, aku punya impian untuk menjadi dokter.
Apa yang aku pikirkan? I thinking about doctor. Apakah dokter itu? Seperti apa dokter itu? Bagaimana caranya agar aku bisa menjadi dokter?
Apa yang aku lakukan? Aku akan kuliah di Kedokteran. Mengamati bagaimana dokter berkerja. Mempelajari apapun yang berhubungan dengan ke-dokter-an.
Apa yang aku baca? Yang jelas buku-buku tentang ke-dokter-an. Buku tentang penyakit-penyakit dan bagaimana mengobatinya. Buku tentang bagaimana menjadi dokter yang baik.

Yang ingin aku tekankan, jangan hanya bermimpi. Tapi wujudkan! Jangan hanya sebagai pemimpi, tapi yakinlah suatu saat nanti kamu akan meneriakkan, “Lihatlah, mimpiku telah menjadi nyata!”

Fourth

“… for I am a poet as much as a warrior.” [35:33]
“… bagiku, penyair seperti pejuang.”
Twilight berkata kepada miss P, Soren, Digger and Gylfie.

Kalimat ini mengingatkanku dengan kata-katanya Umar bin Khattab (kalau tidak salah). “Jika kau mempunyai seorang anak pengecut, ajarilah ia sastra maka ia akan menjadi seorang pemberani.” Juga mengingatkan aku tentang tokoh Chairil Anwar dan syair-syair perjuangannya, serta tentang buku Siti Nurbaya yang menentang tradisi yang ada saat itu.

Fifth

“You know, my head said to do one thing while my gizzard was saying to do another.” 01:01:09
“kau tahu, pikiranku berkata untuk melakukan suatu hal sedangkan gizzardku berkata sebaliknya”
Soren kepada Ezylryb aka. Lyze of Kiel

Ini adalah kalimat yang di ucapkan Soren (sang tokoh utama) kepada Ezylryb (yang ternyata adalah Lyze of Kiel, pejuang yang melegenda) setelah Ezylryb mengajarkan Soren bagaimana terbang saat badai. Mungkin yang dimaksud ‘gizzard’ disini adalah insting, insting untuk terbang.

Yang menarik dengan kalimat ini, ternyata sangat sering kita temui di kehidupan. Dimana ‘hati nurani’ adalah ‘gizzard’ dalam kalimat ini. Sering hati nurani kita mengatakan sesuatu tentang sesuatu yang seharusnya kita kerjakan, tetapi kita malah melakukan sebaliknya atau mengabaikannya. Dalam film ini Ezylryb melanjutkan dengan mengatakan, “And you trusted your head. That’s when you failed.” Sama seperti ketika kita mengabaikan hati nurani itu, that’s when you failed. Di akhir cerita Soren akhirnya bisa terbang dengan mengikuti ‘gizzard’nya.

Sixth

“Oh, Eglantine. I’d trade places with you if I could. I really would.” [1:06:54]
”Oh, Eglantine. Aku berharap bisa menggantikan tempatmu. Aku bersungguh.”

Kata-kata yang diucapkan Soren disini cukup menyentuh. Dimana dia rela mengorbankan dirinya demi seseorang yang berharga untuknya, seseorang yang ia cintai. Mungkin banyak di film atau cerita lain. Tapi yang membuanya menyentuh bagiku saat aku berpikir, “mampukah aku seperti itu?” kalau untuk seseorang yang aku cintai kenapa tidak? Tapi disini aku berpikir bagaimana dengan yang lain? Kalau untuk teman-teman di sekitarku? Untuk orang-orang yang aku kenal? Terngiang kalimat “Bukankah sesama muslim itu bersaudara?” disini bagaimana kita bisa mendahulukan untuk urang lain, mengalah kepada orang lain, peduli kepada orang lain, berbagi kepada yang lain. Tapi saying sekali masih banyak di sekitar kita yang masih memikirkan diri sendiri, mementingkan urusan sendiri, mendahulukan egonya. Sekedar untuk renungan saja..

Eniwei, aku nulis ini sambil ndengerin OST nya loh.. ini aku kasih liriknya aja ya.. 😀

To The Sky Lyrics

Shipwreck in the sea of faces,
There’s a dreamy world up there,
Dear friends in higher places,
Carry me away from here,
Travel light let the sun eclipse you,
‘Cause your flight is about to leave,
And there’s more to this brave adventure,
Than you’d ever believe,

Birdseye view, awake the stars ’cause they’re all around you,
Wide eyes will always brighten the blue,
Chase your dreams, and remember me, speak bravery,
‘Cause after all those wings will take you, up so high,
So bid the forest floor goodbye, as you brace the wind and,
Take to the sky,

On the hills of lore and wonder,
There’s a stormy world up there,
You can’t whisper above the thunder,
But you can fly anywhere,
Purple burst of paper birds this,
Picture paints a thousand words,
So take a breath of mist and mystery,
And don’t look back!

Birdseye view, awake the stars ’cause they’re all around you,
Wide eyes will always brighten the blue,
Chase your dreams, and remember me, speak bravery,
‘Cause after all those wings will take you, up so high,
So bid the forest floor goodbye, as you brace the wind and,
Take to the sky,

There’s a realm above the trees,
Where the lost are finally found,
Touch your feathers to the breeze,
And leave the ground,

Birdseye view, awake the stars ’cause they’re all around you,
Wide eyes will always brighten the blue,
Chase your dreams, and remember me, speak bravery,
‘Cause after all those wings will take you, up so high,
So bid the forest floor goodbye, as you brace the wind and,
Take to the sky,

 

🙂

6 thoughts on “Legend of The Guardians

  1. veera

    nambah satu ah ya,…
    we are what we consume.. wkwkwk xD

    betewe, ini filem udah bikin aku mupeng waktu pertama kali aku liat di toko -,-a tapi gabisa beli… sedihnya malah sering banget aku ngeliat filem dengan kaver ini huaaa >.<

    Balas
    1. shin

      konsumsi ku itu buku, jadi balik lagi ke we are what we read XP

      aku malah g tau kalo ada film ini, baru tau waktu ‘main’ ke rumah temenku yang itu..

      Balas
  2. hhrma

    ini filmnya menarik mas. aku sampe 3 kali nontonya.
    tapi ngomong ttg film, serial avatar the last air bender itu lebih banyak lagi yang bisa dipetik dari perkataan the dragon of the west.

    Balas

Tinggalkan Balasan

