BAGAIMANA MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN?

Salah satu masalah pendidikan yang dihadapi bangsa Indonesia adalah rendahnya mutu pendidikan pada setiap jenjang satuan pendidikan, khususnya pendidikan dasar dan menengah. Berbagai usaha telah dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan nasional, misalnya pengembangan kurikulum nasional dan local, peningkatan kompetensi guru melalui pelatihan, pengadaan buku dan alat pelajaran, dll,

Namun demikian berbagai indikator mutu pendidikan belum menunjukan peningkatan yang berarti. Sebagian sekolah, terutama di kota-kota, menunjukan peningkatan mutu yang cukup menggembirakan, namun sebagian lainnya masih memprihatinkan.

Dari berbagai pengamatan dan analisis sedikitnya ada tiga factor yang menyebabkan mutu pendidikantidak mengalami peningkatan secara merata, yaitu:

1. kebijakan dan penyelenggaraan pendidikan nasional menggunakan pendekatan education function atau input-output analisis yang tidak dilaksanakan tidak kunsekuen.

2. penyelenggaraan pendidikan nasional dilakukan secara birokratik-sentralistik sehingga menempatkan sekolah sebagai penyelenggaraan pendidikan sangat tergantung pada keputusan biorokrasi.

3. peran serta warga sekolah khususnya guru dan peranserta masyareakat khususnya orang tua siswa dalam penyelenggaraan pendidikan selama inion sangat minim.

Nama Praktikan : Ahmad Muhsin M

No Ujian : 05-042-006-3

Kelas : 9A

Iklan

3 thoughts on “BAGAIMANA MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s